Kekurangan dan Kelebihan Dari Virtual Tour

Sekarang virtual tour sedang menjadi tren. Dikarenakan adanya pembatasan sosial serta banyaknya larangan bagi masyarakat untuk berkerumunan menjadi sebuah alasan utama. Pastinya bila dalam keadaan normal, setiap destinasi wisata akan banyak didatangi oleh pengunjung.

Namun, Anda dan wisatawan lain tetap memerlukan waktu untuk refreshing dan beristirahat sejenak dari rutinitas. Satu-satunya jalan adalah dengan berwisata, hanya saja kali ini tidak mendatangi lokasi secara langsung, melainkan dengan virtual.

Walaupun akan ada rasa yang berbeda dengan datang langsung ke lokasi, namun setidaknya Anda tetap bisa refreshing sambil tetap menghindari tertular virus covid 19 yang saat ini sedang mewabah. Tetapi tentunya teknologi ini memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing, sebagai berikut :

Kelebihan Virtual Tour

1.    Mengurangi Terjadinya Penyebaran Virus Covid-19

Dengan adanya teknologi ini tentunya sangat diharapkan dapat membantu pemerintah dalam persebaran virus covid, karena Anda tidak perlu keluar dari rumah dan berkerumun di lokasi wisata.

Walaupun tidak bisa keluar rumah, namun Anda tetap bisa refreshing dan menyegarkan kembali pikiran setelah berkutat dengan pekerjaan serta bosan karena tidak dapat keluar dari rumah seperti masa-masa sebelum adanya pandemi.

2.    Menghemat Biaya

Dengan menggunakan virtual tour, Anda tentunya tidak harus mengeluarkan uang untuk berbagai biaya, misalnya transportasi, tiket, hotel dan makan. Pastinya akan membuat kantong Anda aman, satu-satunya yang harus Anda miliki hanya kuota internet dan sedikit uang untuk membeli tiket virtual tour.

3.    Mudah dilakukan

Virtual tour ini tentunya sangat mudah dilakukan, karena sebagai wisatawan Anda perlu duduk manis didepan smartphone atau laptop saja dan sudah bisa menikmati semua pemandangan dari lokasi-lokasi wisata yang disediakan oleh penyedia jasa tersebut.

Kekurangan Virtual Tour

Tidak hanya kelebihan, berwisata dengan virtual tour tentunya juga memiliki kekurangan. Karena sebenarnya tetap lebih menyenangkan bila datang langsung ke lokasi wisata.

1.    Tidak Dapat Menghadirkan Suasana Seperti di Lokasi

Kekurangan pertama yang dirasakan bila memilih berwisata menggunakan virtual tour adalah tidak dapat merasakan pengalaman secara langsung seperti ketika datang ke lokasinya.

2.    Banyak Lokasi yang Terlewat

Ketika Anda menggunakan jasa virtual tour, hal yang disayangkan adalah tidak bisa melihat semua lokasi yang ada. Karena yang diperlihatkan hanyalah bagian-bagian tertentu yang sering didatangi pengunjung saja.

Inilah kekurangan kedua yang mayoritas dirasakan oleh para pengguna virtual tour. Karena saat kita mendatangi langsung satu lokasi wisata, kemungkinan Anda akan menemukan spot yang belum tentu didatangi oleh wisatawan lain.

3.    Kurang seru

Terakhir adalah mayoritas pengguna jasa virtual tour merasa kurang puas dan menganggap bila berwisata secara virtual tidak menyenangkan atau tidak seru. Ini merupakan hal wajar, karena pastinya wisatawan tidak dapat merasakan hembusan angin maupun menyentuh objek yang ada secara langsung.

Kesimpulan

Walaupun virtual tour ini merupakan terobosan teknologi yang ampuh pada setiap sektor bisnis guna meningkatkan penjualan dan menarik minat pengunjung. Namun, tentu saja tetap ada keunggulan dan kekurangan yang dapat dirasakan langsung oleh pengguna jasa.

Mungkin untuk di beberapa sektor, penggunaan virtual memanglah memberikan hasil yang cukup menghasilkan bahkan menaikkan traffic mereka. Tetapi belum tentu berhasil digunakan pada sektor lainnya, seperti pariwisata.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar

About Me

About Me

PanoraGo adalah software virtual tour berbasis cloud dimana Anda bisa membuat dan mengelola banyak virtual tour dalam satu akun. Dilengkapi berbagai fitur agar virtual tour yang Anda buat lebih interaktif. Virtual tour yang mudah dibagikan melalui link, QRCode, embed ke website atau Anda juga bisa mendownload seluruh file virtual tour dan memasangnya di server atau hosting Anda.